Sughoi Arc Photograpy

Rabu, 01 Juni 2011

Suporter Persiba Rasis, Bobotoh Persib Tertib

Abanda Herman.

INILAH.COM, Bandung - Umpatan rasis suporter Persiba pada Abanda Herman menjadi salah satu penyebab kekalahan Persib, Sabtu (28/5/2011) lalu. Namun soal rasis, bobotoh hingga saat ini dinilai masih tertib.
Sekretaris Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Budi Bram Rachman mengatakan, PSSI telah memiliki batasan tentang rasisme, salah satunya tidak boleh menyinggung warna kulit.

Tahun lalu bobotoh sempat menyerukan yel-yel ‘The Jak Anjing’ terhadap Persija. Namun Budi mengatakan, saat itu tidak sampai berbuah teguran dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.
“Sejauh ini dalam pertandingan kandang Persib, suporter tidak pernah sampai mengeluarkan komentar-komentar rasis yang menyinggung warna kulit atau mengumpamakan orang seperti binatang,” kata Budi saat dihubungi INILAH.COM, Selasa (31/5/2011).
Selain itu, kata Budi, panpel Persib juga pernah menggelar sosialisasi tentang masalah rasisme itu bersama Ketua Komisi Disiplin PSSI yang lalu Hinca Panjaitan dengan bobotoh.
“Di situ dijelaskan definisi, bentuk, dan kategori yang tergolong dalam rasisme,” terang Budi.
Budi menilai, sosialisasi yang dihadiri para pentolan bobotoh tersebut cukup berdampak positif pada pelaksanaan pertandingan. Pasalnya hingga kini panpel pertandingan Persib belum pernah mendapat teguran akibat supporter melakukan aksi rasisme.
“Mudah-mudahan hal ini tidak terjadi di Bandung,” tandasnya.[ito]. inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Reply